Pembersih Wajah

[Review] Rekomendasi 5 Micellar Water Di Bawah 50 Ribu Rupiah!

Hi, hello!

Membuka lembaran baru di 2019, aku bakal memulai dengan rekomendasi lima micellar water di bawah Rp 50.000,00 yang tentunya sudah aku coba, cocok, dan teruji untuk membersihkan muka dari make-up ringan sampai berat di kulit normal-berminyakku ini. Sebagai catatan, aku hanya pakai full make-up kalau cuma untuk acara tertentu saja pastinya, sedangkan untuk make-up sehari-hari… hmm, ngga bisa dibilang make-up juga sih karena mungkin ini terlalu sederhana buat sebagian orang? Ya, tapi tetep ya, dandan mah dandan hehe. Dandan sehari-hariku itu biasanya diisi oleh CC cream ber-SPF atau pelembab ber-SPF, bedak tabur, lip tint, pensil alis, dan maskara.

Berhubung, kulitku cukup sering terpapar dengan polusi dari jalanan menuju dan pulang dari stasiun, kewajiban membersihkan muka tidak hanya dengan mencuci muka saja itu ngga boleh kelupaan. Aku selalu memulai membersihkan muka pertama kali dengan micellar water. Awalnya, aku terbiasa dengan cleansing milk dan pakai toner untuk mengangkat sisa cleansing milk, baru setelahnya cuci muka… dan pakai toner lagi. Hal yang kudapat dari kebiasaan membersihkan muka dengan cara itu adalah…. mukaku malah entah kenapa makin berminyak. Kesimpulan yang kudapat sejauh ini adalah mungkin aku terlalu berlebihan membersihkan muka, jadi malah kulitku jadi bereaksi dengan memproduksi sebum lebih banyak supaya kulitku ngga kering dan tetap lembab.

1. Wardah Nature Daily – Seaweed Cleansing Micellar Water (Rp 28.500,00 / 100 ml)

p_20190118_2011198722417688571653010.jpg
FYI, ini botol ukuran 240 ml ya

Highlighted points:
1) Mengandung ekstrak rumput laut dan timun yang mana kombinasi keduanya membantu mempertahankan dan menenangkan kondisi kulit

Tapi, ekstrak rumput laut dan timun ini berada di urutan keempat dan kelima terakhir, jadi aku kurang yakin juga kalau kandungan keduanya sedominan apa di produk ini.

2) Mengandung bahan aktif dari minyak zaitun yang mampu membersihkan make up ringan secara lembut dan cocok untuk segala jenis kulit

Ini aku setuju banget, karena keseharian dandanku juga masih tergolong ringan dan hanya butuh satu kapas (bolak balik) dibasahin dengan produk ini untuk bisa bersihin satu muka. Penggunaan produk ini cukup membersihkan debu dari jalanan dan make up-ku yang super simpel itu. Aku pernah cobain produk ini untuk bersihin full make-up (primer + foundation + contour cream + highlight + eyeshadow + eyeliner + maskara + lip cream)… dan jadinya boros kapas banget, karena harus beberapa kali dibersihkan sampai akhirnya hanya tersisa residu-residu di kapas alias kapasnya sudah ngga terlalu menunjukkan warna bekas make up yang terangkat.

3) Produk ini punya ‘formula multiaksi’ (multiaction formula) yang bikin make-up terangkat saat pertama kali penggunaan dan meninggalkan kesan berminyak pada kulit

Oke, aku setuju karena memang make-up ringanku ya terangkat dan ngga boros kapas juga. Kesan ngga berminyak? Nah, ini… yup, si micellar water-nya Wardah ini ngga kasih after-finish yang berminyak apalagi lengket walaupun saat aku basuh mukaku dengan air untuk pembersihan selanjutnya dengan facial cleanser, nah baru terasa ada licin-licinnya sedikit. Mungkin, sisa-sisa micellar water-nya menempel di kulit kali ya?

Kesimpulan: Produk ini memang cocoknya untuk membersihkan make-up ringan dan ngga kasih after-finish yang berminyak ke kulit. Kecuali kamu ngga keberatan untuk habisin banyak kapas dan bersihin full make-up, ya si micellar water-nya Wardah ini bisa juga dipakai untuk mengangkat make-up berat.

2. Garnier – Micellar Oil-Infused Cleansing Water (Rp 39.000,00 / 125 ml)
p_20190118_2013136302314236884259465.jpg

Highlighted points:
1) Mengandung minyak argan yang membantu ‘melumerkan’ make-up sehingga mudah terangkat oleh misel (micelles).

Minyak argannya juga membantu untuk menutrisi kulit juga. Aku kurang tahu apakah wangi dari produk ini berasal dari minyak argannya atau dari bahan fragrance/pewangi. Letak pewanginya sih paling terakhir, jadi sebenarnya ngga terlalu dominan begitu kandungannya.

2) Mampu mengangkat make-up secara menyeluruh termasuk make-up waterproof

Ini aku setuju banget! Aku cobain untuk hapus full make-up (masih sama urutannya seperti yang ada di penjelasan sebelumnya)… dan hasilnya aku cuma butuh tiga kapas bolak-balik saja. Biasanya urutan bersihin mukanya begini nih: kapas pertama untuk bersihin base make-up, kapas kedua untuk bersihin eyeshadow, maskara, dan eyebrow pen, kapas ketiga untuk bersihin bibir. Oh iya, produk ini tuh bilang kalau kita ngga perlu bilas muka lagi setelah bersihin muka dengan produk ini, cuma aku sih tetep aja cuci muka lagi dengan facial cleanser untuk memaksimalkan proses pembersihan.

3) Ngga ada kesan berminyak sama sekali walaupun dia oil-infused micellar water alias mengandung minyak dalam komposisi produknya

After-finish yang aku rasain selain kulit ngga berasa berminyak beres pakai produk ini yaitu kulit berasa lembut gitu bahkan saat aku basuh muka dengan air untuk mencuci muka dengan facial cleanser pun aku ngga menemukan kulit terasa licin.

Kesimpulan: Dari apa yang kurasain pakai produk ini ketimbang Garnier yang versi non-minyak argan, produk ini memang cocok untuk angkat make-up yang berat.

3. Garnier – Micellar Cleansing Water Pink Version (Rp 26.500,00 / 125 ml)

https://cf.shopee.co.id/file/cdcc9dab795afcf388de36993d7867a4
Sumber: Garnier Indonesia Shopee Official Store

Highlighted points:
1) Mampu menghapus make-up, membersihkan kotoran, dan menyegarkan wajah tanpa perlu dibilas

Oke, sama seperti ‘adik’-nya si Garnier Argan Oil, produk ini memang bisa untuk angkat make-up berat. Tapi, kalau dibandingkan lebih maksimal mana performanya, sejauh aku gunain keduanya aku merasa lebih mantap si Garnier Argan Oil. Maaf ngga ada fotonya karena sejak aku coba Garnier Argan Oil, aku jadi ngga repurchase produk ini lagi. Sebelum ada varian Argan Oil, aku sering repurchase produk ini. Produk ini adalah micellar water pertama yang aku coba saat baru kenal micellar water :’)

2) Cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif

Berhubung tipe kulitku normal-berminyak, aku seharusnya pakai versi kemasanya yang biru tapi dari awal kenal micellar water Garnier ini aku cobanya yang pink dan cocok. Ngga bikin kulit jadi terasa berminyak atau licin gitu setelah pakai produk ini.

Kesimpulan: Bisa untuk angkat make-up berat juga, ngga bikin kulit terasa berminyak. Alternatif yang bagus kalau ngerasa Garnier Argan Oil (yang sama-sama isinya 125 ml) itu dari segi harga agak mahal (hampir setengah kali lebih mahal ketimbang yang versi non-minyak argan).

4. Nivea Pearl White MicellAir Skin Breathe (Rp 45.000,00 / 200 ml)
p_20190118_2012583706655853563080894.jpg

Highlighted points:
1) Punya kemampuan untuk menyeimbangkan pH kulit

2) Ngga ada paraben, alkohol, pewangi, silikon, dan pewarna
Umm, take my money, please?

3) Formulanya lembut, cocok untuk kulit kusam dan bisa dipakai di area sensitif sekalipun seperti mata
Kulitku normal-berminyak, nah di bagian berminyak ini kalau lagi berlebihan minyaknya (hadeh…) jadi bikin kulit gampang kelihatan kucel. Biasanya, make-up atau ngga make-up pun pakai ini, bantu kulit kelihatan lebih cerah… dalam artian minyaknya terangkat. Sayangnya, untuk angkat make-up berat ini sama aja kaya Wardah… perlu beberapa kali sampai terangkat semua (alias boros kapas euy huhuhu).

3) Sayangnya, kulitku berasa licin beres dibersihin pakai produk ini
Entah kenapa pastinya, tapi aku curiganya karena ada sorbitol dalam produk ini. Sorbitol biasanya dipakai sebagai pengental (thickening agent) di dalam suatu produk supaya tekstur stabil dan juga berfungsi sebagai humektan untuk menjaga kelembaban kulit. Nah, si sorbitol ini tuh posisinya dalam komposisi bahan produk ada di urutan ke delapan awal. Bisa jadi, ini yang bikin kulitku beres pakai produk ini jadi berasa ada efek licin gimana gitu… berasa seperti kalau kita cuci muka dengan sabun tapi ngga maksimal ngebilasnya.

Kesimpulan: Bagus untuk angkat make up ringan, ada efek licin di kulit beres pakai produk ini. Kalau kalian ngga keberatan dengan harganya yang hampir 50 ribu dengan isi 200 ml, ya bisa saja coba produk ini.

5. Ovale Micellar Cleansing Water Brightening (Rp 36.500,00 / 200 ml)
p_20190118_2013201236517518951598545.jpg

Highlighted points:
1) Punya kemampuan untuk hapus make-up sekaligus menenangkan dan menghidrasi kulit pada area muka, mata, dan bibir
Bisa dipakai untuk hapus make-up berat tanpa harus habisin banyak kapas, tapi kurang maksimal untuk angkat make-up yang waterproof. Oh iya, si Ovale ini juga mengklaim kalau ngga perlu dibilas juga kok beres pakai ini.

2) Punya kandungan ekstrak bunga magnolia yang diklaim membantu untuk mencerahkan kulit muka.
Ya, tapi… ini kan micellar water ya, yang memang dipakai untuk mengangkat debu, kotoran, dan make-up di muka jadi aku ngga terlalu berharap dengan efek mencerahkannya sih. Apakah beres pakai ini mungkin ada efek instan mencerahkan (kaya kalau beres maskeran gitu)? Ya, ada… tapi itu kan karena kulitnya sudah dibersihkan dari debu dan make-up gitu lho. Jadi, ngga semata-mata karena pakai produk ini saja.

3) Sama seperti produk sebelumnya, kulitku berasa licin beres pakai produk ini.

4) Oke, ini masuk highlighted points tapi bukan berarti bagus untuk hal wangi produknya. Jujur, aku ngga tahu banget aroma bunga magnolia seperti apa, nah aroma produk ini tuh entah kenapa malah bikin aku keinget sama aroma bawang putih. Iya, aku juga bingung kenapa otakku mengasosiasikan si aroma produk ini (yang berbahan bunga magnolia) ini dengan aroma bawang putih. Aku berusaha ngga peduliin aromanya (jujur aku ngga suka aromanya) dan bertahan habisin satu botol ini.

Kesimpulan: Bisa dipakai untuk angkat make-up berat, ada efek licin di kulit beres pakai produk ini. Selama kalian ngga keberatan dengan aromanya, ya gapapa sih. Seriusan deh, hidungku kenapa deh ini -_-

Secara keseluruhan, kesimpulannya adalah:

Untuk hapus make-up ringan, ngga ninggalin efek berminyak/licin: Wardah Nature Daily – Seaweed Cleansing Micellar Water

Untuk hapus make-up berat, ngga ninggalin efek berminyak/licin: Garnier Skin Naturals – Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Saran tambahan: Mending sekalian beli botol gedenya (400 ml) ketimbang beli botol kecil (125 ml), dari segi harga jadi jauh lebih hemat. Ini kalau memang kalian kesehariannya sering make-up yang ngga terlalu ringan…. setidaknya kalau pun ngga yang contouring + highlight tapi sering pakai foundation sebagai base dan make-up mata (eyeshadow, maskara, eyeliner, pensil alis).

Untuk produk dengan isi dan harga yang paling terjangkau: Ovale Micellar Cleansing Water Brightening
Isinya yang 200 ml dibandrol dengan harga Rp 36.500,00. Dari segi volume dan harga, produk ini memang lebih terjangkau dibandingkan empat produk lainnya. Produk ini juga bisa kok dipakai untuk hapus make-up yang berat juga.

p_20190118_1454222421042183218639399.jpg
Micellar water mana nih yang jadi favoritmu? 🙂

Oke sekian dulu nih rekomendasi micellar water untuk membuka 2019 ini. Sudahkah ada yang pernah atau mungkin belum dicoba? Yuk, share pengalaman kalian juga lewat kolom komentar ya! 🙂

See you on the next post!

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.